4 Hal Penting Dalam Penggunaan Masker Wajah

By JP - Sabtu, Juni 16, 2018

4 Hal Penting Dalam Penggunaan Masker Wajah
Cantik Alami (pexels)

4 Hal Penting Dalam Penggunaan Masker Wajah

Masker Wajah merupakan solusi perawatan bagi para perempuan untuk memiliki kulit wajah cantik mulus dan bersih. Hal ini muncul beriringan menjamurnya berbagai macam metode perawatan wajah menggunakan masker baik yang dijual di pasaran ataupun dengan menggunakan bahan-bahan organik. Banyak varian masker kecantikan yang dijual di pasaran dengan menggunakan ekstrak buah-buahan seperti: Jeruk nipis, Bengkuang, Apel, Alpukat, Aloe Vera, atau berbagai kandungan bahan alami lainnya. Perawatan menggunakan masker diklaim mampu memberikan output kulit wajah yang halus dan bersih. Dan sebagian besar kaum hawa rutin mengaplikasikan metode masker wajah secara berkala untuk mencapai kulit wajah yang diinginkannya.

4 Hal Penting Dalam Penggunaan Masker Wajah
Seorang Perempuan menggunakan Masker. (Pixabay)

1. Penggunaan Masker Wajah Secara Berlebihan. 

Penggunaan masker secara berlebihan bisa menjadikan kulit wajah anda kering. Apalagi jika produk masker tersebut mengandung bahan untuk menyerap dan mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Untuk kulit berminyak, tentu akan cocok, juga kulit berjerawat. Itu sebabnya, mengapa masker wajah diklaim bermanfaat bagi pemilik wajah berjerawat dan berminyak.
Yang sangat penting adalah, Kulit harus terjaga kelembapannya secara alami, sehingga tidak menimbulkan kerusakan atau dampak dari penggunaan masker tersebut. Beberapa wanita juga memiliki karakter kulit yang peka dan rentan terhadap bahan-bahan tertentu. Tingkat keasaman dan kebasaan kulit masing-masing orang juga berbeda-beda. Oleh sebab itu ritme penggunaan yang tepat sangat dianjurkan agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga dan tujuan menggunakan masker untuk perawatan tidak menimbulkan efek samping yang diakibatkan oleh kekeringan kulit. Penggunaan masker wajah yang terlalu lama juga dapat merusak keseimbangan kelembapan kulit. Oleh sebab itu durasi waktu yang tepat adalah sebagai berikut :
A. Gunakan masker perawatan wajah teratur selama kurang lebih seminggu sekali saja.
B. Paling lama menggunakan masker dalam satu kali proses adalah 20 menit saja.  

2. Penggunaan Bahan Masker Wajah yang salah. 

Ada beberapa produk tertentu yang menggunakan zat-zat yang tidak cocok dengan kulit secara khusus. Karena karakter dan derajat keasaman kulit dari setiap wanita berbeda-beda. Untuk itu pelajari dengan seksama dan carilah yang sesuai dengan karakter kulit wajah anda. Dalam produk-produk masker yang dijual dipasaran umumnya mengandung alkohol yang berfungsi untuk menyerap minyak yang keluar dari wajah. Tentu apabila menggunakan masker terlalu berlebih akan mengacaukan sistem kelembapan alami yang dibuat oleh tubuh.
Ada juga produk-produk masker yang mengandung bahan-bahan kimia. Untuk itu pahami betul zat yang terkandung didalamnya. Penggunaan bahan masker yang salah, meskipun itu dari bahan alami, jika terlalu berlebihan akan dapat menimbulkan gatal, alergi, infeksi dan iritasi kulit. Sebaiknya perhatikan hal-hal berikut.
A. Gunakan Bahan masker yang sesuai dengan karakter kulit wajah.
B. Hindari penggunaan masker yang mengandung alkohol, mercury dan zat-zat kimia lainnya untuk hasil wajah cantik yang alami.

3. Kebersihan Saat Melakukan Masker Wajah. 

Masker mempunyai beragam fungsi untuk merawat kulit wajah. Salah satu fungsinya adalah mengangkat kotoran. Namun demikian, kebersihan yang tidak dijaga dengan baik tentu akan berlawanan dengan tujuan memakai masker itu sendiri. Saat hendak menggunakan masker, wajib hukumnya untuk membersihkan/membasuh wajah terlebih dahulu dengan air bersih, sehingga sisa kotoran yang terletak diluar kulit akan hilang (termasuk makeup). Kemudian cawan/tempat untuk bahan masker, tangan yang digunakan untuk mengoleskan masker, handuk yang digunakan untuk membasuh, semuanya harus bersih agar tidak sia-sia menggunakan masker perawatan wajah. Yang patut di perhatikan ketika hendak menggunakan masker wajah :
A. Seluruh alat dan bahan harus bersih, termasuk wajah anda sendiri. (air, cawan, handuk, ruangan, tangan dan wajah)
B. Kondisikan situasi pasca maskeran juga harus bersih (ruangan, sprei dan sarung bantal untuk tidur anda). 

4. Penggunaan Metode Masker Wajah Yang Salah.

Maskeran itu mudah. Yang agak susah adalah menggunakan teori yang tepat dengan menyesuaikan karakter wajahmu sendiri. Ada beberapa cara atau teknik menggunakan masker. Yang mana teknik itu juga berbeda-beda tergantung kebutuhan kulit wajahmu. Jangan sembarangan menggunakan masker hanya karena kamu suka bahannya atau merknya. Gunakan teknik masker wajah yang tepat sehingga tujuanmu merawat kulit wajah tercapai sehingga kulitmu bisa lembut, halus dan bersih alami. Bersambung

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar