10 Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah secara alami

By JP - Jumat, Juli 06, 2018

Manfaat Kulit Pisang untuk Kulit Wajah

 

10 Manfaat Kulit Pisang untuk Kulit Wajah

Anda suka makan pisang? Selain nikmat dimakan, buah pisang juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, bukan hanya buahnya saja yang multikhasiat, kulit pisang pun memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Jadi, Kalo ladies habis makan pisang jangan buang kulitnya. Hampir semua jenis pisang bisa dimanfaatkan kulitnya, seperti pisang raja, pisang kepok, pisang ambon, pisang mas dan pisang jenis yang lainnya. Kulit pisang yang selama ini kita buang ternyata banyak mengandung vitamin yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Misalnya seperti kandungan vitamin B, C, zat besi, fosfor, kalsium, dll.

Kadar Nutrisi dalam Kulit Pisang
Air 68.90 gram
Karbohidrat 18.50 gram
Lemak 2.11 gram
Protein 0.32 gram
Kalsium 715 mg
Fosfor 117 mg
Zat Besi 1.60 mg
Vitamin B 0.12 mg
Vitamin C 17.50 mg

Manfaat Kulit Pisang untuk Kulit Wajah
Kulit Pisang

Berikut Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan Kulit secara alami:

1. Mencerahkan Kulit & Menghaluskan Kulit Wajah.
Cara alami untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah bisa menggunakan masker kulit pisang pada wajah. Selain mudah dan murah, kulit pisang juga tidak memiliki dampak negatif sama sekali. Untuk mendapatkan kulit wajah yang lembut, halus dan mulus maka pakailah masker kulit pisang yang ditambah dengan madu murni. 
2. Membersihkan Sel Kulit Mati
Sel kulit mati dapat menyebabkan wajah kusam dan tidak terawat, sehingga lama-lama akan terlihat kering. Untuk mengatasi sel kulit mati dan peremajaan kulit tersebut, pakailah masker kulit pisang secara teratur dan berkala. Kulit pisang bisa menjadi agen eksfoliasi (1) yang dapat meregenerasi sel kulit mati sehingga wajah akan nampak lebih segar dan bersinar.
3. Mengatasi Jerawat dan menyamarkan bekasnya.
Salah satu masalah kulit wajah adalah timbulnya jerawat. Jerawat ini dapat menimbulkan flek hitam, luka atau bopeng. Hal ini akan membuat penampilan kecantikan Anda berkurang sehingga akan membuat minder ketika bertemu orang atau tampil di muka umum. Kandungan antioksidan dan antibakteri pada kulit pisang mampu menyembuhkan iritasi dan mengurangi minyak berlebih pada wajah sehingga dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Untuk mengatasi jerawat dan bekasnya tersebut, Anda bisa menggunakan kulit pisang dengan cara digosok-gosokkan pada wajah. Lakukan perawatan tersebut saat malam hari sebelum tidur dan bersihkan saat bangun. 
4. Mengatasi Wajah Berminyak.
Wajah berminyak menjadi pemicu timbulnya jerawat dan komedo karena debu dan kotoran akan mudah menempel sehingga dapat menyumbat pori-pori kulit. Untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah maka pakailah masker kulit pisang yang dicampur dengan madu lalu oleskan pada wajah secara merata. Kandungan anti jamur dan antioksidan pada kulit pisang mampu menstabilkan minyak yang berlebihan pada kulit wajah. 
 5. Melembabkan Kulit
Kandungan nutrisi yang tinggi pada kulit pisang menjadi pelembab alami untuk menghindari kulit dari kering dan kusam. Anda tidak usah menggunakan produk pelembab yang dijual di pasaran, karena dengan masker kulit pisang sudah mampu memberikan kelembaban alami pada wajah supaya terlihat lebih lembut dan sehat.
 6. Mengobati Psoriasis (2)
Psoriasis adalah salah satu penyakit pada kulit dengan ciri kulit bersisik dan kemerahan serta menimbulkan gatal dan perih. Jika sisik kulit ini digaruk maka dapat memicu timbulnya bintik kemerahan. Untuk mengatasi sakit psoriasis ini adalah dengan menggosokkan kulit pisang pada bagian kulit yang bermasalah tersebut. Pada awalnya memang akan berwarna kemerahan, namun lambat laun akan sembuh dengan sendirinya.

Manfaat Kulit Pisang untuk Kulit Wajah
Penggunaan Kulit Pisang untuk Wajah
  7. UV Protection.
Kulit wajah yang sering terkena sinar ultraviolet secara langsung akan mudah kering dan kusam. Untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang membahayakan tersebut, Anda bisa memakai kulit pisang yang sudah dijemur beberapa saat dan digosokkan pada wajah secara merata. Kandungan zat dan senyawa didalamnya mampu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.
8. Mengobati Gatal-Gatal &Mengatasi Gigitan Nyamuk.
Jika Anda terkena alergi, iritasi atau gatal-gatal pada kulit, termasuk wajah, maka cobalah memakai pengobatan alami dari kulit pisang. Oleskan kulit pisang pada area kulit yang bermasalah atau bisa juga kulit pisang tersebut ditempelkan semalaman pada kulit yang gatal dan iritasi tersebut. Luka bekas gigitan nyamuk pada kulit terkadang meninggalkan warna bengkak kemerahan dan gatal. Nah, manfaat kulit pisang ini dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan cara iris kecil-kecil lalu tempelkan pada kulit yang bengkak dan gatal selama 20 menit, lalu cuci hingga bersih.
9. Mengatasi Kantung Mata.
Mata panda (kantung mata) adalah lingkaran hitam di sekitar area mata. Untuk menghilangkannya Anda bisa menggunakan masker buah pisang ditambah masker buah apel yang dioleskan di bawah mata dan diamkan selama 15 menit, sebelum tidur. 
10. Mengencangkan Kulit Wajah.
Kandungan vitamin E pada kulit pisang berkhasiat untuk meminimalisir munculnya keriput dan garis kerutan tanda penuaan, sehingga wajah akan tampak awet muda. Dengan memakai masker kulit pisang secara teratur maka kulit wajah akan semakin kencang dan mencegah terjadinya penuaan dini. Ini dikarenakan kandungan nutrisi pada kulit pisang yang membantu pengencangan kulit wajahmu. 

Manfaat Kulit Pisang untuk Kulit Wajah
Masker Kulit Pisang

Cara Pembuatan Masker Kulit Pisang :

  • Kupas Kulit pisang dari Buah Pisang yang masih segar dan pastikan sudah benar-benar matang dan lunak, Pisangnya boleh dimakan. 
  • Kerok bagian dalam kulit pisang lalu tumbuk halus kulit pisang hingga membentuk pasta. Anda bisa menambahkan sedikit air.
  • Oleskan pada bagian kulit wajah secara merata. Biarkan bebeberapa saat hingga mengering atau kamu juga bisa membiarkannya semalaman karena masker kulit pisang ini tidak menimbulkan efek samping sama sekali.
  • Bilas wajah dengan air hingga benar-benar bersih.
Selain dihaluskan atau ditumbuk, kulit pisang ini juga bisa dipakai secara langsung pada wajah dengan cara dioles dan digosokkan bagian dalamnya. Anda juga bisa mencampur masker kulit pisang dengan bahan alami lainnya seperti madu, air jeruk nipis, lemon, minyak zaitun, putih telur, alpukat, tomat atau air mawar, tergantung kebutuhanmu. Sebelum melakukan perawatan dengan menggunakan masker kulit pisang, kamu harus baca 4 Hal penting dalam penggunaan masker wajah.


Keterangan :
1. Eksfoliasi : pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah. Ini berguna untuk membantu menjaga kebersihan kulit wajah, sehingga wajah nggak terlihat kusam akibat penumpukan sel kulit mati. Proses ini biasa dilakukan dengan treatment seperti facial/maskeran
2. Psoriasis :  penyakit peradangan kronis dan bersifat autoimun (penyakit yang muncul sebagai akibat dari reaksi sistem kekebalan atau sistem imun tubuh) yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan bercak putih, perak, atau merah bersisik tebal di berbagai bagian tubuh terutama pada kaki, punggung bawah, lutut, siku, tangan, dan kulit kepala. Penyakit tidak menular ini biasanya terjadi pada orang dewasa, walaupun ada juga beberapa kasus pada anak-anak dan remaja

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar