7 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Alami Wajahmu

By JP - Selasa, Juni 26, 2018

7 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Alami Wajahmu

7 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Alami Wajahmu

Belimbing wuluh merupakan tanaman dengan buah berwarna hijau muda, berbentuk bulat lonjong, berasa asam yang biasanya dimanfaatkan sebagai suplemen masakan dan campuran jamu. Disebut juga belimbing sayur, belimbing buluh atau belimbing asam. Belimbing wuluh konon berasal dari daerah Maluku dan menyebar keseluruh Indonesia bahkan sampai ke wilayah Asia lainnya seperti Malaysia, Filipina, Thailand dan Myanmar.

7 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Alami Wajahmu
Belimbing Wuluh Segar
Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L) merupakan buah penghasil vitamin C yang secara alami dapat digunakan sebagai obat sariawan dan gusi berdarah. Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung glukosid, tanin, asam folat, peroksida, kalsium oksalat, sulfur dan kalium sitrat. Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), per 100 gram buah belimbing wuluh mengandung : energi 36 kal, protein 0,4 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 8,8 gr, kalsium 4 mg, fosfor 12 mg, zat besi (Fe) 1,1 mg, vitamin A 170 Sl, vitamin B1 0,03 mg, vitamin C 35 mg dan kalium 39 mg.  Berikut manfaat Belimbing wuluh untuk kecantikan alami kulitmu :


1.  Mengecilkan Pori-Pori
Manfaat yang pertama adalah mengecilkan pori-pori pada kulit. Dengan begitu, kotoran atau bakteri tidak akan menyumbat di dalam pori-pori. Di mana hal tersebut merupakan salah satu penyebab dari munculnya jerawat.

2.  Mengangkat Sel Kulit Mati dan Menghambat Proses Penuaan.
Jika dilihat dari zat-zat yang terkandung dalam belimbing wuluh, memang tidak mengherankan jika belimbing ini mampu menghambat proses penuaan. Pasalnya, terdapat kandungan vitamin C dan A yang sangat bermanfaat sebagai zat antioksidan yang mampu menghalau radikal bebas yang menjadi penyebab proses penuaan dini dan dapat mengangkat kulit mati pada wajah. Kandungan mineral dan vitamin yang ada terdapat di belimbing wuluh juga berkhasiat untuk mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit sehingga wajah akan tampak awet muda.

3.  Menghaluskan dan Memutihkan Kulit Wajah. 
Manfaat dari belimbing wuluh untuk wajah lainnya adalah menghaluskan kulit. Hal ini tentu saja, karena kandungan vitamin C yang cukup besar terdapat di dalam buah ini. Dengan menggunakan masker blimbing wuluh secara teratur, kulit bisa menjadi lebih halus dan nampak lebih putih cantik alami. 

4.  Mengatasi Penyakit Panu. 
Seperti yang diketahui, Panu adalah salah satu dari penyakit kulit yang cukup merisihkan dan membuat setiap orang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya. Ternyata belimbing wuluh bermanfaat untuk mengatasi panu secara bertahap. Hal ini dikarenakan adanya kandungan anti bakteri dan anti jamur yang ada di dalam belimbing wuluh.

5.  Mengatasi Jerawat dan Komedo.
Jerawat dan komedo adalah masalah pada wajah yang tidak bisa dibiarkan. Jerawat bisa menyebabkan bekas dan flek hitam pada wajah. Di dalam belimbing wuluh, terdapat antioksidan yang berfungsi untuk menyamarkan bekas jerawat pada wajah. Kandungan nutrisi di dalam belimbing wuluh juga mampu membersihkan komedo yang ada di wajah dengan cara menggunakan perawatan masker secara berkala. 
Kandungan anti bakteri dalam buah ini juga mampu mencegah munculnya jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Karena seperti yang diketahui, penyebab utama dari munculnya jerawat pada wajah adalah bakteri atau komedo yang menyumbat pada pori-pori kulit.

6.  Mengurangi Minyak Berlebih. 
Minyak pada wajah adalah salah satu penyebab munculnya jerawat. Tapi, tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah menggunakan belimbing wuluh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dalam belimbing wuluh. Di mana vitamin ini berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah.

7.  Meronakan Warna Bibir. 
Belimbing wuluh berkhasiat untuk meronakan warna bibir secara alami. Belimbing wuluh ini bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat, karena mengandung banyak sekali nutrisi vitamin C dan juga  vitamin A yang mampu menjaga kesegaran bibir dan membuatnya terlihat lebih merona. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengoleskan belimbing wuluh yang sudah dibersihkan sebelumnya pada bibir setidaknya dua kali dalam sehari. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengkombinasikan buah ini dengan madu agar kulit mati pada bibir bisa terangkat. Dengan begitu, bibir akan terlihat segar dan merah alami.

Cara Membuat Masker Belimbing Wuluh :

Ambil 10 buah belimbing wuluh hijau yang matang dan segar, lalu cuci belimbing wuluh sampai bersih. Masukkan buah belimbing wuluh dan air secukupnya ke dalam blender. Kemudian, blender hingga halus. Tempatkan dalam wadah yang juga harus bersih. Masker belimbing wuluh siap untuk digunakan di wajahmu.

Cara Penggunaan Masker Belimbing Wuluh:

Bersihkan wajahmu hingga benar-benar bersih menggunakan sabun pembersih wajah. Keringkan wajah sebentar, lalu oleskan masker belimbing wuluh pada wajah secara merata. Diamkan sekitar 10 menit, lalu gosok secara perlahan kulit wajah supaya sel-sel kulit mati bisa terangkat. Bilaslah wajah Anda menggunakan air yang bersih. Saat menggunakan handuk juga harus handuk yang bersih, agar tidak sia-sia menggunakan masker.
Baca petunjuk menggunakan masker dari bahan alami di halaman ini.

7 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Alami Wajahmu
Ilustrasi penggunaan masker belimbing wuluh

Efek Samping Penggunaan Masker Belimbing Wuluh :

Setelah membaca petunjuk penggunaan masker, tetap saja kamu harus memperhatikan hal-hal yang mungkin bisa memnjadi dampak atau efek negatif dari penggunaan masker blimbing wuluh.
meskipun jarang terjadi, penggunaan masker belimbing wuluh secara serampangan / berlebihan dapat menyebabkan hal-hal berikut :

1. Menyebabkan Perih dan gatal
Perih merupakan efek samping yang bisa terjadi pada saat anda menggunakan masker belimbing wuluh karena kandungan vitamin C dan asam konsentrat tinggi dalam buah ini. Sebagai langkah antisipasi nya, campurkan beberapa bahan tambahan lain seperti Olive Oil, Aloe Vera, Madu atau beberapa bahan alami lainnya untuk menyeimbangkan kandungan dalam belimbing wuluh tersebut. Alergi gatal juga merupakan efek samping dari penggunaan belimbing wuluh karena tingginya kandungan zat kimia dan juga vitamin dalam buah ini. Dari beberapa jenis karakter kulit ada yang tidak cocok dengan penggunaan belimbing wuluh tersebut.
7 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Alami Wajahmu
Penggunaan bahan tambahan untuk masker belimbing wuluh

2. Menimbulkan Bintik / Flex. 
Apabila penggunaan masker belimbing wuluh ini diterapkan secara langsung tanpa tambahan beberapa bahan alami lainnya, maka bisa menimbulkan masalah di wajah dikarenakan efek asam yang terlalu keras pada buah tersebut. Belimbing wuluh bisa menyebabkan timbulnya bintik bintik di sekitar area jerawat wajah  karena kadar keasaman yangcukup tinggi dalam belimbing wuluh tersebut. Bagi sebagian orang khususnya yang memiliki kulit sensitif, memakai masker belimbing wuluh hanya akan menimbulkan hasil yang sebaliknya yakni timbulnya beberapa noda atau flek hitam di wajah anda. Flek hitam tersebut terjadi karena pemakaian masker belimbing wuluh yang terlalu sering, terlalu berlebihan dan juga cara membuat masker belimbing wuluh yang tidak di campur dengan bahan tambahan lainnya yang bersifat basa.
3. Menyebabkan Masalah Kulit Kering. 
Kandungan vitamin C sangat tinggi dalam belimbing wuluh ini memang menjadi solusi alami terbaik untuk mengurangi kelebihan produksi minyak pada wajah. Akan tetapi beberapa zat lain yang ada dalam belimbing wuluh juga akan memberikan dampak yang mengakibatkan tekstur kulit menjadi sangat kering 

4. Menyebabkan Kerutan.
Kandungan vitamin C dan vitamin A yang ada dalam belimbing wuluh merupakan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas sehingga bisa menghambat berbagai penyebab penuaan dini. Akan tetapi, seperti halnya beberapa makanan atau minuman lain yang dikonsumsi terlalu berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping yang berlawanan dengan manfaatnya. Dalam hal ini, penggunaan yang berlebihan  akan menyebabkan kulit cepat keriput dan timbul kerutan di wajah anda.

5. Merubah Tekstur Kulit Menjadi Kasar. 
Memakai masker belimbing wuluh memang sangat baik untuk menghaluskan tekstur kulit apabila dilakukan secara wajar, teratur dan berkala. Namun jika pemakaian masker belimbing wuluh dilakukan dalam waktu jangka panjang, efeknya bisa membuat tekstur kulir wajah anda semakin kasar dan menjadi penyebab kulit mengelupas disekitar wajah.

6. Menyebabkan Jerawat.
Kandungan nutrisi dalam belimbing wuluh ini memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi, maka tidak semua jenis kulit bisa menerima manfaat dari buah asam tersebut. Bagi sebagian orang, menggunakan masker belimbing wuluh bisa meningkatkan timbulnya jerawat pada wajah yang dikarenakan kulit wajah tidak cocok dengan kadar asam yang tinggi dari belimbing wuluh tersebut. 

Apabila kamu mengalami beberapa hal ini, segera hentikan penggunaannya. Konsultasikan dengan dokter untuk mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar