4 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan Kulitmu

By JP - Minggu, Juni 10, 2018

4 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan Kulitmu

4 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan Kulitmu

Sering minum Jus Alpukat? Kalo iya, berarti kamu secara tidak langsung telah memetik manfaat yang cukup banyak dari konsumsi buah alpukat. Buah yang berkulit kasar dan tidak fotogenik seperti apel atau mangga ini, ternyata bisa memberi banyak manfaat untuk kulit halus dan wajah cantikmu secara alami. Yuk kita bahas satu persatu manfaat dari buah alpukat yang sangat enak apabila dibikin jus ini. 
  
4 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan Kulitmu
Buah Alpukat

1. Alpukat Merupakan Pelembab Wajah yang Alami. 
Buah alpukat kaya akan kandungan 'lemak tak jenuh' / lemak baik, yaitu Asam Oleat[1]. Asam oleat ini dapat membantumu menjaga tingkat hidrasi dan mencegah hilangnya kandungan air pada kulitmu. Jika kamu mengalami kulit terasa kering atau iritasi, dengan mengkonsumsi alpukat secara teratur dapat membantu mengakhiri masalah tersebut. Kamu juga bisa memanfaatkan kegunaan alpukat dalam bentuk minyak untuk melembapkan kulit. Kandungan vitamin D, E, Betakaroten[2], Protein, dan asam lemak oleat dalam minyak alpukat berfungsi melembapkan dan melindungi kulitmu dari sinar matahari. Kelembapan kulit wajahmu akan terjaga dan akan membuat kulitmu terasa lebih lembut.
 
4 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan Kulitmu
Alpukat & Minyak Alpukat


2. Alpukat Mengaktifkan Vitamin A yang Bagus Untuk Kesehatan Kulit. 
Konsumsi Alpukat, akan membantu penyerapan Karotenoid[3] oleh tubuh, bahkan hingga 2 kali lebih baik. Alpukat juga mampu meningkatkan konversi Betakaroten menjadi vitamin A aktif. Karena vitamin A dapat mencegah kerusakan akibat sinar ultraviolet. Vitamin A dapat mencegah kerusakan kulit dengan mengurangi tingkat aktivasi sinar ultraviolet yang merusak kolagen[4].

3. Alpukat Dapat Mencegah Penuaan Dini. 
Konsumsi alpukat sangat berhubungan dengan konsentrasi Karotenoid dalam kulit. Sebagai sumber karotenoid, Alpukat direkomendasikan untuk dikonsumsi dengan fungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Buah Alpukat memiliki kadar Lutein[5] dan Zeaxanthin[6] yang tinggi. Kedua zat tersebut membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultra violet. 

4 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan Kulitmu
Penggunaan Masker Alpukat untuk Perawatan Wajah
4. Buah Alpukat Dapat Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Wajah. 
Manfaat alpukat tidak terbatas dengan hanya mengonsumsinya secara langsung. Penggunaan buah ini untuk menambah atau memelihara kecantikan kulit sangat beragam caranya. Hasil ekstraksi berupa minyak alpukat dapat membantu mengatasi masalah pada kulit. Minyak ini diekstrak dari biji, kulit, atau bagian lain yang mengandung lemak. Kamu bisa menggunakan minyak alpukat pada kulit yang gatal, kering, atau pecah-pecah. Alpukat juga dapat diparut untuk dijadikan masker wajah. Penggunaan buah alpukat sebagai masker wajah masih dilakukan hingga kini dan dipercaya bisa membuat kulit lebih halus dan menghilangkan kerutan-kerutan di wajah.


Cara Pemakaian Buah Alpukat Untuk Masker Wajah :
1. Ambil 2 sendok makan alpukat, campurkan 2 Sendok makan madu asli dan aduk hingga rata menjadi pasta.
2. Oleskan pada seluruh wajah dan leher Anda, namun jauhkan dari sekitar mata dan bibir.
3. Biarkan masker ini hingga 20 atau 30 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.
4. Disarankan perawatan ini dilakukan malam hari menjelang tidur.
5. Sebaiknya menggunakan masker alpukat maksimal 6 hari setelah maskeran sebelumnya, artinya jangan maskeran terlalu sering.

Efek Samping Penggunaan Masker Buah Alpukat Untuk Perawatan Wajah:

Jika Dimakan Berlebihan :
1. Dapat menganggu Program diet
2. Dapat menyebabkan mual
3. Dapat menyebabkan kegemukan

Jika Berlebihan Menggunakan Masker :
1. Dapat menyebabkan gatal-gatal
2. Dapat memicu Alergi
3. Dapat menimbulkan Jerawat
4. Dapat menyebakan Kulit Kering

Keterangan Tambahan :
1. Asam Oleat adalah Asam lemak tak jenuh yang banyak dikandung dalam minyak zaitun, minyak sawit dan beberapa terkandung dalam buah-buahan seperti anggur dan alpukat. 
2. Betakaroten adalah Pigmen berwarna dominan merah-jingga yang ditemukan secara alami pada tumbuhan dan buah-buahan. Beta karoten merupakan senyawa organik yang memberikan warna jingga pada wortel, labu, dan ubi, dan merupakan senyawa karoten yang paling umum pada tumbuhan.
3. Karotenoid adalah pigmen organik yang ditemukan dalam kloroplas dan kromoplas tumbuhan dan kelompok organisme lainnya
4. Kolagen adalah  salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaan kolagen mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh
5. Lutein adalah satu jenis vitamin yang disebut karotenoid, yaitu pigmen organik yang terdapat pada makanan, seperti bayam, brokoli, jagung, anggur, jeruk, kiwi, dan kuning telur. Senyawa ini dapat diserap tubuh dengan baik jika dikonsumsi dengan makanan tinggi lemak.
6. Zeaxanthin adalah senyawa yang bisa diperoleh dari berbagai jenis sayuran dan juga buah-buahan. Zeaxanthin biasanya dapat dijumpai pada berbagai macam sayuran berwarna hijau tua, oranye, dan juga kuning.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar